Selasa, 04 September 2018

Cara Mengobati ISK Selama Kehamilan

Apa itu UTI?

Sekitar pertengahan kehamilan keempat saya, OB-GYN saya memberitahu saya bahwa saya mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Saya perlu diobati dengan antibiotik.

Saya terkejut saya telah dites positif menggunakan UTI. Saya tidak memiliki gejala, jadi saya tidak berpikir bahwa saya bisa mengalami infeksi. Dokter menemukannya berdasarkan tes urin rutin saya.

Setelah empat kehamilan, saya mulai berpikir bahwa mereka hanya membuat kami preggos kencing di cangkir untuk bersenang-senang. Tapi saya kira ada tujuan untuk itu. Siapa yang tahu?

ISK terjadi ketika bakteri dari suatu tempat di luar tubuh wanita masuk ke dalam uretra (pada dasarnya saluran kemih) dan menyebabkan infeksi.

Wanita lebih cenderung mengalami ISK daripada pria. Anatomi perempuan memudahkan bakteri dari vagina atau daerah rektal untuk masuk ke saluran kemih karena semuanya berdekatan.
Mengapa UTI umum selama kehamilan?

UTI sering terjadi selama kehamilan. Itu karena janin yang sedang tumbuh dapat memberi tekanan pada kandung kemih dan saluran kemih. Bakteri ini perangkap atau menyebabkan urin bocor.

Ada juga perubahan fisik yang perlu dipertimbangkan. Sedini enam minggu kehamilan, hampir semua wanita hamil mengalami dilatasi ureter, ketika uretra meluas dan terus berkembang hingga melahirkan.

Saluran kemih yang lebih besar, bersama dengan peningkatan volume kandung kemih dan penurunan nada kandung kemih, semua menyebabkan urin menjadi lebih masih di uretra. Ini memungkinkan bakteri tumbuh.

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, urin wanita hamil menjadi lebih terkonsentrasi. Ia juga memiliki jenis hormon dan gula tertentu. Ini dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan bakteri "jahat" yang mencoba masuk.
Apa gejalanya?

Tanda dan gejala ISK termasuk:

    membakar atau buang air kecil yang menyakitkan
    urine berawan atau berlumuran darah
    nyeri panggul atau punggung bawah
    sering buang air kecil
    merasa bahwa Anda harus sering buang air kecil
    demam
    mual atau muntah

Antara 2 dan 10 persen wanita hamil mengalami ISK. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan, ISK cenderung sering terjadi kembali selama kehamilan.

Wanita yang memiliki UTI sebelumnya lebih rentan untuk mendapatkan mereka selama kehamilan. Hal yang sama berlaku untuk wanita yang memiliki beberapa anak.
Apakah UTI berbahaya selama kehamilan?

Infeksi apa pun selama kehamilan bisa sangat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda. Itu karena infeksi meningkatkan risiko persalinan prematur.

Saya menemukan betapa sulitnya UTI yang tidak diobati selama kehamilan juga dapat mendatangkan malapetaka setelah Anda melahirkan. Setelah saya memiliki putri pertama saya, saya bangun hanya 24 jam setelah pulang ke rumah dengan demam mendekati 105˚F (41˚c).

Saya mendarat kembali di rumah sakit dengan infeksi yang mengamuk dari ISK yang tidak terdiagnosis, suatu kondisi yang disebut pielonefritis. Pielonefritis bisa menjadi penyakit yang mengancam nyawa bagi ibu dan bayi. Itu telah menyebar ke ginjal saya, dan mereka menderita kerusakan permanen sebagai hasilnya.

Pesan moral dalam cerita? Biarkan dokter Anda tahu apakah Anda memiliki gejala UTI selama kehamilan. Jika Anda meresepkan antibiotik, pastikan untuk mengambil setiap pil terakhir untuk melumpuhkan infeksi itu.
Apa saja pilihan perawatannya?

Anda dapat membantu mencegah ISK selama kehamilan Anda dengan:

    mengosongkan kandung kemih Anda sering, terutama sebelum dan sesudah berhubungan seks
    hanya memakai pakaian katun
    nixing pakaian di malam hari
    menghindari douche, parfum, atau semprotan
    minum banyak air untuk tetap terhidrasi
    menghindari sabun keras atau mencuci tubuh di area genital

Sebagian besar UTI selama kehamilan diobati dengan antibiotik. Dokter Anda akan meresepkan antibiotik yang aman bagi kehamilan tetapi tetap efektif dalam membunuh bakteri di tubuh Anda.

Jika ISK Anda telah berkembang menjadi infeksi ginjal, Anda mungkin perlu mengambil antibiotik yang lebih kuat atau memiliki versi intravena (IV) yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar